Kamis, 01 November 2018

Alat promosi pemasaran

1.) Periklanan (Advertising)

  1. Periklanan persuasif yaitu periklanan yang digunakan untuk membangun permintaan selektif akan suatu merek dengan cara meyakinkan konsumen bahwa merek tersebut adalah merek terbaik dikelasnya.
  2. Iklan informatif yaitu periklanan yang digunakan untuk memberi informasi kepada konsumen mengenai suatu produk atau kelengkapan baru atau membangun permintaan awal.
  3. Iklan perbandingan yaitu iklan yang secara langsung atau tidak langsung membandingkan satu merek dengan merek satu atau sejumlah merek yang lain.
  4. Iklan pengingat yaitu iklan yang digunakan untuk manjaga agar konsumen tetap berfikir mengenai suatu produk.

2.) Penjualan Personal (Personal Seling)

  1. Merancang strategi dan struktur armada penjualan.
  2. Merekrut dan menyeleksi tenaga penjual.
  3. Melatih tenaga penjual.
  4. Memberi kompensasi tenaga penjualan.
  5. Mensuvervisi tenaga penjual.
  6. Mengevaluasi tenaga penjual.

3.) Pemasaran Langsung (Dirrect Selling)

  1. Nonpublik, pesan biasanya ditujukan kepada orang tertentu.
  2. Disesuaiakan, pesan dapat disiapkan untuk menarik orang yang dituju.
  3. Terbaru, pesan dapat disiapkan dengan sangat cepat dan sesuai kondisi.
  4. Interaktif, pesan dapat diubah tergantung pada tanggapan orang tersebut

4.) Promosi Penjualan (Sales Promotion)

  1. Kupon yaitu sertifikat yang memberi pembeli potongan harga untuk pembelian produk tertentu.
  2. Kontes, undian, permainan yaitu kegiatan promosi yang memberi konsumen peluang untuk memenangkan sesuatu seperti uang atau barang, entah dengan keberuntungan atau dengan usaha ekstra.
  3. Sampel yaitu sejumlah kecil produk yang ditawarkan kepada kosnsumen untuk dicoba.
  4. Tawaran pengembalian uang (rabat)
  5. Paket harga yaitu pengurangan harga yang dicantumkan oleh produsen langsung pada label atau kemasan
  6. Hadiah yaitu barang yang ditawarkan secara cuma-cuma atau dengan harga sangat miring sebagai insentif untuk membeli suatu produk.
  7. Penghargaan atas kesetiaan
  8. Barang promosi memberikan barang secara cuma – cuma yang berkaitan dengan produk yang dijual
  9. Promotion point of purchase yaitu menyediakan titik/pusat pembelian yang tidak permanen untuk produk yang sedang dipromosikan.

5.) Hubungan Masyarakat dan Publisitas (Public Relation and Publicity)

  1. Hubungan pers dan aktivitas pers. Menciptakan dan menempatkan informasi bernilai berita dalam media untuk menarik perhatian terhadap orang, produk, atau jasa.
  2. Publisitas produk, yaitu mempublikasikan produk tertentu (terutama produk baru) kepada masyarakat.
  3. Kegiatan masyarakat., memupuk dan mempertahankan hubungan komunitas nasional atau lokal.
  4. Melobi, yaitu membangun dan mempertahankan hubungan dengan anggota birokrasi/pemerintahaan.
  5. Hubungan investor yaitu mempertahankan hubungan dengan pemegang saham dan relasi bisnis lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar